Kaum Wanita Wajib Mempelajari Berbagai Hal Ini Sebelum Pergi Menikah

0
214
hal yang harus dipelajari wanita sebelum menikah

Menikah adalah suatu hal yang hikmat, maka dari itulah perlu disikapi secara matang dan benar-benar agar menghasilkan kehidupan yang sama-sama menyejahterakan semua pihak. Dalam hal ini adalah pihak pria dan wanita yang kedepannya akan tergantung kepada kemampuan berumahtangga masing-masing. Lazimnya, tugas pria setelah menikah adalah berperan sebagai seorang suami yang artinya memikul beban seluruh orang dalam keluarga, yaitu istri dan anak. Suami memiliki peran yang vital sebagai kepala rumah tangga sekaligus pencari nafkah terhadap seluruh orang dalam keluarga, termasuk juga dalam hal keamanan yang melindungi mereka dari ancaman orang asing.

Tidak berbeda, kehidupan wanita setelah memutuskan menikah akan berbeda dengan kehidupannya yang dulu. Ia harus rela mengemban status sebagai istri sekaligus ibu, perannya ini akan menuntut dirinya untuk lebih cerdas karena tidak bisa lagi ia bersikap individualis yang memikirkan diri sendiri. Seorang istri harus banyak mengorbankan dirinya untuk keluarga, maka dari itulah diperlukannya keahlian berumahtangga bagi kaum wanita sebelum memutuskan untuk menikah. Menjelang pernikahan yang perlu disiapkan bukan pesta pernikahanya saja, namun seorang wanita harus memikirkan kehidupan setelah menikah nantinya. Bagaiman menjadi istri yang baik, cara menyenangkan hati suami dan hal-hal lain yang saat ini mungkin belum terpikirkan oleh mereka. Alasannya jelas, agar rumah tangga dapat berjalan dengan harmonis sebagaimana normalnya.

Bagi kalian kaum wanita, fokus pada hari pernikahan boleh saja, namun jangan coba melupakan tanggung jawab kalian nantinya ketika menjadi istri. Sebelum terlambat dan menerima komplain dari suami kelak yang akan menimbulkan ketidakharmonisan berumahtangga, perlu diketahui persiapan menjadi istri yang perlu untuk dipelajari sebelum pergi menikah.

Melatih diri untuk saling mempercayai

Hal paling dasar dalam pernikahan adalah adanya rasa saling mempercayai antar kedua belah pihak. Tidak ada pria yang ingin memiliki istri yang tidak dapat dipercaya dan sebaliknya, tidak bisa mempercayai suaminya atau bisa dibilang terlalu posesif. Belajarlah berkomitmen untuk setia agar bisa dipercaya suami. Selain itu, penting juga untuk bisa mempercayai kekasih dengan tidak menunjukkan sikap curiga berlebihan.

Dapat berkompromi

Suatu hari nanti, kalian dan pasangan akan mendapatkan konflik. Saat itulah kalian harus mampu bisa berkompromi karena sejak awal pacaran, kalian dan si dia pasti memiliki banyak perbedaan. Kalian dituntut untuk bisa menyatukan perbedaan tersebut supaya hubungan tetap hangat dan terjaga. Maka dari itulah dibutuhkannya sikap dapat berkompromi agar kelak perbedaan pendapat tidak justru langsung berbuah bencana bagi rumah tangga.

Dapat mengurus rumah

Bagi kalian kaum wanita yang terbiasa diperintah orang tua untuk mengurus rumah, berbahagialah. Karena tanpa disadari hal itu sangat baik bagi kalian sendiri nantinya ketika berumahtangga. Rumah berantakan dan cucian pakaian menumpuk bisa membuat suami menjadi stres dan tidak betah di rumah. Nah, apabila kalian memiliki kemampuan untuk mengurus rumah karena terbiasa maka semua akan menjadi lebih baik. Dengan begitu, atmosfer kedamaian dan cinta akan tercipta di rumah. Si dia pun akan berusaha untuk selalu pulang lebih cepat.

Wanita harus bisa masak

Memasak adalah kemampuan yang sebenarnya perlu dimiliki semua kaum wanita, karena wanitalah kelak yang akan menjadi orang paling berkorban dalam keluarga. Memasak juga menjadi jalan untuk menyenangkan pria. Dengan makanan enak, maka pria bisa merasa puas dan bahagia. Itu sebabnya wanita perlu belajar masak sebelum menikah. Tidak perlu masakan yang rumit. Dimulai dari masak yang gampang terlebih dahulu, seperti masak nasi goreng atau membuat tumis sayur. Coba satu menu baru setiap minggunya untuk membuat kalian terbiasa di dapur dan mengenal bahan serta bumbu masakan.

Pintar mengatur ekonomi

Mulai sekarang, sebaiknya mulailah membuat keputusan cerdas soal finansial atau kebutuhan ekonomi kalian sendiri dulu. Hidup di zaman yang serba mahal, hanya mengandalkan keuangan suami saja rasanya tidak cukup. Untuk itu, mulailah menabung atau investasi demi masa depan kelak yang lebih cerah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here