Apa Saja Perubahan Seorang Pria Setelah Menikah?

0
242

Banyak wanita dinilai memiliki perubahan yang signifikan setelah menikah dalam berbagai bidangnya. Baik secara sikap maupun aktifitas sehari-hari, mereka seakan memiliki kewajiban yang sulit sekali dilepaskan. Tidak seperti sebelum mereka berumah tangga, dimana kecenderungan akan lebih pada sikap individualis yang hanya memikirkan kebaikan diri sendiri tanpa memiliki andil besar terhadap kepenting orang lain. Ini dikarenakan mereka sudah menganggap kalau keluarga yang dimilikinya adalah bagian dari dirinya. Sehingga mereka mau melakukan apa saja demi keluarga yang telah secara nyata membuatnya bahagia.

Kaum wanita memiliki perubahan yang besar dalam hal sikap, seperti lebih menomerduakan kepentingan pribadi dari kepentingan orang lain, memikirkan masa depan, bahkan pula menghindari letupan-letupan emosi pribadi yang sering merugikan orang lain. Wanita juga mencoba merubah gaya hidupnya ketika telah melepas kesendirian, seperti sering bangun lebih awal dari anggota keluarga lainnya, mencoba untuk mampu memasak terus dan terus, serta lebih jeli dalam keuangan yang dimilikinya.

Rupanya tidak hanya kaum wanita yang mengalami perubahan dalam kehidupannya usai menjalani pernikahan. Orang-orangberanggapan bahwa setelah menikah, pria mengalami perubahan dalam hidupnya meski tidak sesignifikan wanita. Pria dominan mengalami perubahan pada sebagian dirinya dimana sikap mereka cenderung menjadi lebih bijaksana. Anggapan itu didasari adanya perubahan cara berprilaku pria saat sudah berkeluarga.

Michigan State University di Amerika Serikat, menyimpulkan dalam sebuah penelitian psikologis, bahwasanya dengan menikah, para pria otomatis mengurangi waktu berkumpulnya dengan kelompok pria yang lain. Saat sekelompok pria berkumpul, agresivitas mereka meningkat. Mereka menjadi lebih bernyali untuk melakukan hal-hal konyol. Hal-hal semacam membicarakan wanita lain, menghambur-hamburkan uang untuk berfoya-foya, bahkan hal kekanak-kanakan seperti berkelahi atas dasar dicela sangat mungkin terjadi.

Hal ini akan sangat berbeda dengan ketika seorang pria telah menikah, mereka memiliki fokus yang lain, yaitu menjadi kepala keluarga yang baik, serta menginginkan membahagiakan istri serta anak-anaknya. Untuk itu kebanyakan pria yang telah menikah memilih untuk meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruknya. Penasaran apa saja perubahan sikap yang berlangsung pada diri seorang pria setelah menikah? Inilah beberapa hal yang banyak terjadi pada pria setelah berkeluarga:

  • Cerdas dalam segala situasi

Bukan hanya dengan kelas kuliah seseorang bisa menjadi manusia yang cerdas, dengan pengalaman dan kehidupan yang dijalaninyapun seseorang bisa menjadi cerdas dengan hanya menghindari kesalahan-kesalahan. Seorang pria akan belajar untuk bertindak dengan cara yang benar dalam setiap situasi ketika sudah menikah. Mereka bisa mengetahui apa yang sebaiknya dikatanan atau dilakukan dan apa yang boleh disembunyikan. Misalnya, ketika ia pulang telat, ia mungkin mengaku kerja lembur ketimbang hang-out bersama teman-teman. Hal itu dilakukan pria demi menjaga keharmonisan rumah tangga, karena kebanyakan wanita tidak menyukai suaminya lebih memiliki waktu yang banyak di luar ketimbang bersama mereka.

  • Lebih bijak dalam menghadapi permasalahan

Permasalahan adalah hal yang dekat sekali dengan seorang pria, pria biasanya mudah terlibat permasalahan yang menghasilkan pertengkaran dan tak jarang yang disebabkan hanya karena masalah sepele. Itu menunjukkan bahwa kaum adam kesulitan menghadapi masalah dengan kepala dingin. Hal ini akan menjadi berbeda ketika seorang pria menikah, mereka akan mulai menjadi penengah di dalam keluarga karena tahu keberadaannya sebagai panutan. Merekapun cenderung jadi lebih sabar dan bijaksana dengan mempertimbangkan segala kemungkinan kedepannya yang akan terjadi.

  • Menabung untuk masa depan

Sebenarnya sifat pria memang lebih suka menabung dibanding wanita, namun orientasi pria untuk menabung biasanya untuk membeli atau mendapatkan sesuatu yang diidam-idamkan. Semnentara setelah menikah, pria akan menyadari betapa pentingnya melakukan penghematan, mempunyai tanggung jawab terhadap keluarga dan merencanakan masa depan bersama dengan cara menabung secara baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here